Cara install mikrotik di Virtualbox




Cara Setting Mikrotik di Virtual Box Pada kesempatan kali ini aku akan bagikan informasi kepada temen-temen cara setting atau mengatur mikrotik di virtualbox. Pada artikel ini dapat dibilang sangat lengkap karena disini saya akan share tips setting lengkap beserta gambarnya jadi temen-temen bisa lebih mudah untuk mempelajarinya. Okey gak usah banyak basa-basi lagi, langsung saja dibaca berikut ulasan mengenai cara setting mikrotik beserta gambar di virtualbox yang mudah-mudahan bermanfaat buat agan-agan sekalian

-Bahan utamanya adalah=Harus ada aplikasi virtualbox di pc kalian dan mikrotik os iso




1. Pertama, tentukan nama OS dan Version yang kita inginkan . Bisa linux maupun yang lainnya, tapi disini saya memilih untuk Other dua-duanya.



2. Tentukan memori yang ingin kita gunakan. Disini saya pilih Default saja ya, bisa juga pilih 1024 atau 512. Itu sih semua tergantung anda.


3. Pilih Create New Harddisk untuk membuat baru, tapi jika sudah ada file VDInya jangan pilihCreate lagi tapi pilih Use ok ?



4. Setelah sudah selesai , selanjutnya kita setting Networknya. Karena saya ingin memakai 2 ethernet, maka disini saya di eth1 menggunakan bridge adapter. Kenapa tidak NAT ? karena kita ingin membuat IP sendiri sesuai kemauan kita di Virtual Box nantinya.



5. Nah ini nih, di Ethernet 2 kita setting sebagai Internal Network. Kenapa Internal Network? karena agar IP yang kita gunakan nanti tidak mudah konflik dengan komputer lain yang berada dalam satu jaringan dengan kita.

6. Jika sudah, sekarang di Storage kita setting untuk menambahkan ISO dengan memilih Gambar “CD” di paling kanan atas” . Setelah itu, pilih dimana tempat kita menaruh ISO dari Mikrotik tersebut. Jika sudah maka akan seperti daerah yang berwarna biru.


7. Setelah itu pilih Start untuk memulai Tujuan utama kita , apa itu? yaitu Setting Dasar Mikrotik




9. Berikutnya, tekan tombol huruf “a” di keyboard untuk memilih semua aplikasi yang kita ingin gunakan.


10. Lalu tekan huruf “i” untuk memulai konfigurasi. Akan muncul tampilan seperti ini.


12. Kemudian akan tampil lagi seperti awal pertama kali menginstall , nah jangan panik . Lalu Pilih Devices setelah itu hilangka tanda centang pada ISO Mikrotik yang tadi kita tambahkan.




13. Selanjutnya akan muncul tampilan login awal mikrotik os seperti gambar berikut,

Username = Admin

Password = (kosong)




OK gays mikrotik os kita sudah terinstall sekarang kita tinggal mengkonfigurasi'nya

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.